Tuesday, February 15, 2011
Pendapat tentang penggunaan blog bagi mahasiswa psikologi terutama bagi mata kuliah psikologi pendidikan
1:14 AM |
Posted by
10048 Sonya Lirizky Akbar |
Edit Post
Nadya Putri Delwis (10-024)
Melva Safira (10-036)
Aprilia Windy (10-088)
Menurut kelompok kami penggunaan blog dan email pada mata kuliah psikologi pendidikan ini cukup banyak keuntungannya bagi mahasiswa/i yang menjalaninya. Namun memiliki beberapa kekurangannya tersendiri.
Melva Safira (10-036)
Aprilia Windy (10-088)
Menurut kelompok kami penggunaan blog dan email pada mata kuliah psikologi pendidikan ini cukup banyak keuntungannya bagi mahasiswa/i yang menjalaninya. Namun memiliki beberapa kekurangannya tersendiri.
Seperti yang kita ketahui bersama, teknologi di dunia ini sudah sangat maju. Di luar negeri, sangat sering kita temukan sistem belajar mereka yang sudah sangat mengandalkan teknologi. Namun di negara kita ini masih sangat minim orang yang “melek” teknologi. Maka dengan di perkenalkan kepada kami apa itu blog dan lainnya, otomatis wawasan kami tentang teknologi menjadi lebih luas. Banyak keuntungan lainnya, seperti :
· Lebih efisien dalam pengerjaan tugas yang diberikan. Jadi siswa bisa menyerahkan hasil tugas hanya dalam blog atau email. Sehingga tidak perlu memakan banyak tenaga seperti harus mengantarkannya langsung ke kampus.
· Lebih menantang kreatifitas kami dalam menulis dan menghias blog kami.
· Mengurangi dampak global warming karena tidak menggunakan kertas lagi.
· Mempermudah jalannya diskusi tentang materi kuliah. Dalam arti, jika kita menggunakan blog atau teknologi lain yang mendukung dengan adanya chat tempat diskusi, mahasiswa dapat lebih mudah berdiskusi dengan dosennya kapan saja. Sehingga tidak perlu bertatap muka lagi.
· Bisa up date berbagai informasi tentang perkuliahan dengan mudah. Jadi mahasiswa tidak perlu datang ke kampus untuk bisa tahu tentang informasi perkuliahan, namun hanya dengan membuka blog, mereka jadi bisa tau. Dengan kata lain agar tidak ketinggalan informasi.
· Mempercepat mahasiswa/i dalam menerima ilmu. Maksudnya, jika mahasiswa memiliki pertanyaan yang mengganjal dihati tentang materi kuliah yang akan datang, kami tidak perlu menunggu sampai jadwal kuliah tiba, namun kami bisa langsung bertanya kepada dosen melalui chattingan, seperti pada Gtalk.
· Dapat berbagi pengetahuan sesama mahasiswa. Jadi dengan semua mahasiswa dituntut untuk mengepost materi kuliah setiap minggunya, mahasiswa secara tidak langsung telah membagi pengetahuan kepada yang teman-teman lain yang ikut membaca blog mereka.
Masih banyak keuntungan dari mengunakan blog pada system pembelajaran. Namun system ini juga memiliki kekurangan. Yang kami tangap menurut kelompok kami, kerugian salah satunya adalah:
· Menambah kesulitan bagi mahasiswa/i yang tidak memiliki internet di rumah ataupun di kos-an mereka. Mereka jadi tidak up-date dalam menerima informasi. Sehingga bakal ada sebagian mahasiswa/i yang merasa teringgal.
· Membuat mahasiswa jadi cenderung lebih menyukai membaca blog temannya agar mendapatkan ilmu yang ada pada materi kuliah, namun mereka jadi malas membaca teks book secara keseluruhan. Mungkin ada yang sekedar hanya mebaca halaman tertentu hanya agar dapat bisa mengepost blog mereka, namun mereka tidak membaca keseluruhannya. Sehingga ini menimbulkan dampak negatif tersendiri.
Jadi kesimpulan dari kelompok kami, menggunakan blog dalam system belajar sekarang ini banyak menguntungkan siswa dan dosennya tersendiri. Namun, ada kekurangannya juga. Sehingga perlu adanya pengenalan lebih dalam lagi tentang system belajar seperti ini kepada mahasiswa. Sehingga mereka dapat menerima tujuan positifnya.
Labels:
Tugas Kelompok I
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Etiquetas
- TUGAS INDIVIDU (1)
- Tugas Kelompok I (1)
- Tugas Kelompok II (1)
- Tugas Mini Proyek (1)
About Me
Powered by Blogger.
0 comments:
Post a Comment